Belmawa Gelar Pelatihan Tutor Pendidikan Khusus di USM

TEROPONG UTARA

- Redaksi

Jumat, 13 Oktober 2023 - 22:34 WIB

3054 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BANDA ACEH | Demi menunjang fasilitas mahasiswa berkebutuhan khusus, Universitas Serambi Mekkah (USM) bekerja sama dengan Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) melaksanakan Bimbingan Teknis Tutor Pendidikan Khusus di Aula Dr. Mr. Teuku Haji Moehammad Hasan USM (12/10/23).

Acara yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Serambi Mekkah Dr. Teuku Abdurahman, SH, Sp.N., ini juga dihadiri oleh Anggota Komisi X DPR RI Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE., Koordinator Pembelajaran Belmawa Dewi Wulandari, Ketua Tim Kerja Fasilitasi Mutu Akademik dan Kemahasiswaan LLDikti Wilayah XIII Masykur, ST., M.Pd., serta para tamu undangan.

Dr. Teuku Abdurahman dalam sambutannya, mengatakan bahwa USM merupakan kampus yang siap menerima mahasiswa berkebutuhan khusus dan juga siap memberikan fasilitas sesuai dengan mahasiswa normal.

“Intinya, mari kita semua memberi perhatian, memberi motivasi kepada mereka supaya mereka juga bisa maju, supaya mereka juga bisa berkembang dan lebih lagi bisa meningkatkan mutu kualitas dan prestasi tentunya”, ujar Rektor.

Masykur, ST. M.Pd., selaku Ketua Tim Kerja Fasilitasi Mutu Akademik dan Kemahasiswaan LLDikti Wilayah XIII Aceh, mengucapkan terimakasih kepada Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, serta kepada Universitas Serambi Mekkah yang bersedia menjadi tuan rumah dari kegiatan ini.

Lebih lanjut Masykur menyapaikan, bahwa LLDikti Wilayah XIII Aceh terus mendorong adanya beasiswa khusus bagi anak-anak disabilitas.

Koordinator Pembelajaran Belmawa, Dewi Wulandari menjelaskan pelatihan tersebut diadakan untuk meningkatkan kualitas layanan pembelajaran kepada mahasiswa disabilitas di perguruan tinggi. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas, Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2020 tentang akomodasi yang Layak untuk peserta didik penyandang disabilitas, dan Permenristekdikti No. 46 Tahun 2017 tentang pendidikan khusus dan layanan khusus di perguruan tinggi.

“Jadi, ada memang mahasiswa yang berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas). Itu juga bermacam-macam ada yang fisik misalnya tunanetra dan bawaan genetik seperti autisme. Nah ini kan memerlukan penanganan khusus,” jelasnya.

Oleh karena itu, Dewi mengungkap dosen-dosen harus punya keterampilan khusus untuk menangani keberagaman mahasiswa yang berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas). Dengan adanya pelatihan tutor pendidikan khusus ini, mahasiswa berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas) bisa merasakan perhatian yang sama dengan mahasiswa lain.

“Untuk itu kami melatih dosen-dosen lebih peka dan perhatian kepada mereka yang berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas),” ungkapnya.

Anggota Komisi X DPR RI Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE., yang menjadi keynote speaker pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa anak-anak normal dan anak-anak disabilitas sama-sama ciptaan Allah S.W.T. “Tentunya semua orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing dan ini bisa kita lihat banyak anak-anak disabilitas yang mengukir prestasi dan bahkan pemikiran anak-anak disabilitas jauh lebih suci dari anak-anak normal”, tuturnya

Selain itu Hj. Illiza menyampaikan, “Aceh merupakan daerah syariat yang tidak membeda-beda kondisi fisik, banyak Qari tuna netra asal Aceh yang berhasil mengukir prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional”, tutup Anggota Komisi X DPR-RI dari Fraksi PPP ini. (DN)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Lanjut Daftar di Gerindra Bukti Deni Irmansah Serius Maju Pilkada Aceh Selatan 2024
Idris Djohan – Abdurrahman Puteh Resmi Jadi Kader Gerindra, Siap Rebut Kursi
Afridawati dan Amin Haris Daftar Diri Lewat Partai Gerindra Maju Bupati dan Wakil Bupati Simeulue, Akan didukung Prabowo Subianto
Bangkitkan Ekonomi Rakyat, Amiruddin SH Daftar Calon Bupati Aceh Barat Lewat Partai Gerindra
Polda Aceh Kirim Bantuan kemanusian untuk Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar
Polda Aceh Berhasil Ungkap Kasus Narkotika, 300 Kg Ganja Siap Edar Diamankan
Operasi Ketupat Seulawah 2024 Berhasil Turunkan Angka Kecelakaan
Kapolda Aceh Terima Audiensi Kepala BNNP Aceh

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:56 WIB

Fauzul Iman ST MSi, Resmi Tutup Bimtek Life Skill Di Desa Bukit Bersinar Gayo Lues.

Rabu, 10 Juli 2024 - 22:30 WIB

Dalam Rangka Pasca Hani, BNNK Gayo Lues Gelar Bimtek Life Skill Pakan Ikan Di Desa Bukit Tahun 2024.

Kamis, 4 Juli 2024 - 16:43 WIB

Kepala BNNP Aceh, Resmikan Pembibitan Kopi GDAD Di Uyem Beriring Desa Palok.

Sabtu, 29 Juni 2024 - 04:02 WIB

Alat Berat Melintas di Jalan Baru Diaspal, Kadis PU Gayo Lues, Ngamuk Minta Pemilik Perbaiki Kerusakan Jalan

Senin, 24 Juni 2024 - 21:43 WIB

Dalam Rangka Pra Hani, BNNK Gayo Lues Laksanakan Bimtek Life Skill.

Sabtu, 22 Juni 2024 - 18:17 WIB

Polres Gayo Lues Melaksanakan Olahraga Bersama Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024

Jumat, 21 Juni 2024 - 16:48 WIB

Penilaian Kebersihan Mako Polsek Kutapanjang oleh Tim Penilai Polres Gayo Lues

Jumat, 21 Juni 2024 - 16:03 WIB

Personel Satreskrim Polres Gayo Lues Amankan Pelaku Tindak Pidana Pencurian Besi Jembatan

Berita Terbaru