BNNK Gayo Lues Bersinergi Dengan TNI/Polri, Kejaksaan Musnahkan Ladang Ganja Di Pegunungan Desa Pepelah Pining

Kamal Porang

- Redaksi

Minggu, 1 Oktober 2023 - 12:48 WIB

3052 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues, Teropong Utara.com – Demi mewujudkan Kabupaten Gayo Lues Bersinar, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues bersinergi dengan TNI/Polri, Kejaksaan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues dalam memusnahkan 3 Titik lokasi Ladang Ganja di Ketinggian 1.114 hingga 1.308 MDPL di Pegunungan Atu Timah Desa Pepelah Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues, Pada Selasa 26/09/2023) Kemaren.

Sebelum melaksanakan kegiatan pemusnahan Ladang Ganja tersebut, seluruh Personel berkumpul terlebih dahulu di Masjid Agung Ash – Shalihin pada Pukul 05.30 WIB, melaksanakan Apel Konsolidasi terkait keberangkatan yang di Pimpin langsung Kapolres Gayo Lues.

Selanjutnya, sekitar Pukul 07.00 WIB, Personel sampai di Desa Pepelah sekaligus mengecek Senjata dan Absensi Kehadiran Personel. Dan diteruskan perjalanan yang menempuh ke Titik Lokasi Ladang Ganja lebih kurang memakan waktu 5 jam perjalanan mengarungi Sawah, Sungai, Lembah dan bebukitan yang sangat terjal, dan akhirnya Tim yang di Pimpin langsung Kapolres Gayo Lues, AKBP. Setiyawan Eko Prasetiya SH SIK, tiba dilokasi sekitar Pukul 13.00 WIB.

Menurut Kepala BNNK Gayo Lues, Fauzul Iman ST MSi, Kepada Wartawan Minggu (01/10/2023) tadi dan mengatakan, ada 3 Titik Lokasi Ladang Ganja yang di temukan dengan ukuran dan umur yang berbeda diantaranya:
Titik lokasi pertama ditemukan oleh Tim, yaitu Ladang Ganja berukuran 20-30 cm di perkirakan berkumur 2 Bulan dengan luas lahan lebih kurang 1 Hektar, dan jumlah Batang lebih kurang 1000 Batang dan dengan jarak tanam 10-30 cm.

Selanjutnya Kata Fauzul Iman, lokasi kedua ditemukan tanaman terlarang tersebut masih dalam Proses Pembibitan itu lebih kurang sebanyak 3000 Batang dengan luas lahan lebih kurang 2 Hektar. Kemudian Tim terus menelusuri dimana saja lahan Ganja tersebut ditanam oleh pemiliknya, akhirnya Tim juga menemukan dilokasi ke tiga juga menemukan tanaman Ganja siap Panen berjumlah lebih kurang 3000 Batang dengan jarak tanam berpariasi antara 59 cm hingga 2 Meter dan luas lahan diperkirakan 2 Hektar.

Pada lokasi tersebut ditemukan juga Ganja kering yang sudah di Panen dalam gubuk Petani Ganja tersebut dan diperkirakan lebih kurang 200 Kg, “pada saat Tim Gabungan berada di lokasi tersebut, tidak ditemukan Petani atau Pemilik ladang ganja tersebut,” Sebut Fauzul Iman.

Lebih lanjut Jebolan Sarjana S2 ini,pada saat melakukan pendakian ke puncak gunung tersebut BNNK Gayo Lues bersama – sama dengan Tim Gabungan TNI/Polri, Kejaksaan dan Pemerintah Daerah langsung memusnahkan/Membakar lebih kurang 5 Hektar ladang ganja pada 3 Titik lokasi dan diperkirakan 7 Ribu Batang Ganja ditemukan oleh Tim Gabungan di Gubuk milik petani ganja tersebut.

Kepada Masyarakat Kepala BNNK Gayo Lues ini juga menyampaikan, sesuai Inpres Nomor 2 Tahun 2020, dalam upaya P4GN seluruh Elemen Bangsa harus bersinergi dan berkolaborasi dalam menuntaskan masalah Ganja tersebut.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa Desa Pepelah Kecamatan Pining ini merupakan Desa Binaan BNNK Gayo Lues Pada Tahun 2018 hingga Tahun 2021 Silam, dalam Program Grand Design Alternative Development (GDAD), namun dalam kenyataannya, masih ada juga sebagian kecil Masyarakat yang mencoba – coba kembali menanam Ganja, sehingga Sinergitas BNNK Gayo Lues, TNI/Polri, Kajari, Pemerintah Daerah dan Masyarakat supaya memberi tindakan tegas.

“Kedepannya, tidak adalagi Masyarakat yang menanam Ganja, untuk mewujudkan Kabupaten Gayo Lues yang Bersih Narkoba (Bersinar),” Pungkas Fauzul Iman berharap.

Diakhir Pemusnahan Ladang Ganja tersebut, Kepala BNNK Gayo Lues dan seluruh Tim Gabungan TNI/Polri dan Masyarakat menyatakan ‘War On Drugs.

Tampak dalam kegiatan Pemusnahan Ladang Ganja tersebut, selain Kepala BNNK Gayo Lues, juga tampak Kapolres Gayo Lues, AKBP. Setiyawan Eko Prasetiya SH SIK, Waka Polres Gayo Lues, Kompol. Edy Yaksa, Kajari Gayo Lues, Ismail Fahmi SH MH, Kasat Pol PP, Syabri SPd, Pasi Ops. Kodim 0113 Gayo Lues, Kapten. Inf, Muhammad Sirait, Kapolsek Pining, Ipda. Surya Yusbar, Kasat Narkoba, AKP. Yasir Arafat, KBO Satres Narkoba, Ipda. Safuandi, Kasat Intelkam, Iptu. Karyanto, Danki Brimob Kompi 4 Batalyon C Pelopor Gayo Lues, AKP. Imanta Purba, dan Didampingi Aipda. Sabarudin Personel Gabungan ditambah 100 Personel yang terdiri dari BNNK Gayo Lues, Forkompinda, TNI/Polri dan Masyarakat, sehingga kegiatan Pemusnahan Ladang Ganja tersebut berjalan dengan aman dan lancar. []

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Jalin Kerjasama, Pemkab Gayo Lues Pasok Bawang Merah dan Cabai ke Kota Subulussalam
Ngopi Bareng, Pj Bupati Ajak Insan Pers dan LSM Bersama dalam Membangun Kabupaten Gayo Lues
Pj. Bupati Gayo Lues Coffe Morning Bersama Wartawan dan LSM
PJ.Bupati Gayo Lues Gelar Coffee Morning Bersama Wartawan Dan LSM
PJ. Bupati Gayo Lues H. Jata SE MM Disambut Meriah Oleh Masyarakat Terangun.
Sekda Kabupaten Gayo Lues Hari ini Resmi Dilantik sebagai PJ. Bupati Gayo Lues.
Hari Ini, H. Jata,SE Di Lantik Sebagai PJ. Bupati Gayo Lues.
Kepala BNNK Gayo Lues Resmi Tutup Kegiatan Bimtek Penggiat P4GN Lingkungan Pendidikan.

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:30 WIB

5 Rekomendasi Vendor WhatsApp Business API Provider Terbaik di Indonesia

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:00 WIB

SEC Resmi Menyetujui Perdagangan Spot Ethereum ETF, Trader Siap Trading?

Rabu, 24 Juli 2024 - 07:34 WIB

VRITIMES Umumkan Kerjasama Media dengan Bedalagi.com

Selasa, 23 Juli 2024 - 23:10 WIB

Wajib Tau! Ini Alasan Kenapa Bisnis Perlu Menggunakan WhatsApp Business API

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:59 WIB

QNAP Thunderboltâ„¢ 4 NAS TBS-h574TX dan TVS-h874T Memenangkan Penghargaan Desain Produk Red Dot 2024

Selasa, 23 Juli 2024 - 13:29 WIB

Siapa Pemilik Bitcoin Terbanyak di Dunia? Ini Negara dan Perusahaan dengan Koleksi Terbesar!

Selasa, 23 Juli 2024 - 12:17 WIB

Masa Depan Staking Bitcoin dalam ETF Kripto: Dapatkah Diharapkan?

Selasa, 23 Juli 2024 - 11:00 WIB

BINUS UNIVERSITY Peringati Dies Natalis ke-43: Tingkatkan Semangat Membina dan Memberdayakan Masyarakat

Berita Terbaru

EKONOMI & BISNIS

5 Rekomendasi Vendor WhatsApp Business API Provider Terbaik di Indonesia

Rabu, 24 Jul 2024 - 11:30 WIB

EKONOMI & BISNIS

SEC Resmi Menyetujui Perdagangan Spot Ethereum ETF, Trader Siap Trading?

Rabu, 24 Jul 2024 - 11:00 WIB

EKONOMI & BISNIS

VRITIMES Umumkan Kerjasama Media dengan Bedalagi.com

Rabu, 24 Jul 2024 - 07:34 WIB

EKONOMI & BISNIS

Wajib Tau! Ini Alasan Kenapa Bisnis Perlu Menggunakan WhatsApp Business API

Selasa, 23 Jul 2024 - 23:10 WIB