BNNK Gelar Kegiatan P4GN Di Nusa Indah

Johari Argum

- Redaksi

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 12:18 WIB

3059 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Gayo Lues,Teropong Utara.com – Kepala BNNK Gayo Lues Bapak Fauzul Iman, S.T., M.Si didampingi Penanggung Jawab Sie P2M ibu *Muharni, SE, beserta Personil P2M lainnya. Dihadiri juga oleh Camat Blangkejeren bapak Jusmale Arasenja, S. Sos.,MSP, Kasat Narkoba Polres Gayo Lues bapak AKP Yasir Arafat Reza Habibi, SH.,MH, Kadis Perhubungan Gayo Lues Bapak H. Irwansyah, SE.,MM Kadis P3AP2KAB Gayo Lues Ibu Sartika Mayasari, S. STP.,MA.Kepala Satpol PP & WH bapak Syabri, S. Pd.Ketua Lembaga Anti Narkoba (LAN) bapak Hamdani Pers, LSM, dan Masyarat yang berjumlah 30 Orang.

 

Sambutan dan arahan Kepala BNNK Gayo Lues bapak.Fauzul Iman, S.T. M.Si menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan sekaligus membekali pengetahun keterampilan baru serta meningkatkan wawasan baru tentang P4GN yang siap mendukung program P4GN.

Peran kita dalam pencegahan narkoba sangatlah penting, untuk itu perlu memahami beberapa strategi dalam memerangi narkoba yang sudah diterapkan oleh BNN yaitu :1. Soft Power Approach (Pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi)

Hard Power Approach ( Pemberantasan)

Smart Power Approach (Penelitian, data, dan informasi)

Coorperation (Kerja sama).

Kegiatan workshop tematik P4GN ini masuk ke dalam strategi soft power approach yaitu melakukan tindakan pencegahan kepada seluruh elemen masyarakat dengan memberikan pembekalan agar penggiat dapat memiliki daya tangkal terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan masing-masing.

Adapun narasumber kegiatan ini terdiri dari 4 orang yakni

Kapolres Gayo Lues bapak AKBP Setiawan Eko Prasetya, SH., S. I. K dalam hal ini diwakili oleh Kasat Narkoba bapak AKP Yasir Arafat Reza Habibi, SH., MH dengan judul materi Aspek Hukum Dalam P4GN diawal materi beliau menyampaikan Aspek hukum terhadap penyalahguna narkoba diklasifikasi berdasarkan kategorinya yakni: 1. Pengguna: Aspek hukumnya Pasal 127 yakni pidana 4 tahun penjara. Pengedar  Aspek hukumnya Pasal 114 yakni penjara seumur hidup, minimal 5 tahun penjara maksimal  20 tahun, denda 1 Milyar -10 Milyar.3. Produsen: Aspek hukumnya Pasal 113 yakni penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun, denda 1 Milyar – 10 Milyar. Adapun ancaman pidana bagi setiap orang yang mengetahui tindak pidana Narkotika tapi tidak melaporkan aspek hukumnya Pasal 131 yakni Pidana maksimal 1 tahun, denda 50 juta Rupiah.

 

Kadis Perhubungan Gayo Lues bapak H. Irwansyah, SE., MM judul materi Strategi Pencegahan Narkotika Indonesia darurat narkoba bukan hanya menyasar kota bahkan sudah sampai ke pelosok desa, maka tugas kita sebagai penggiat P4GN saat ini mencegah dan membentengi masyarakat kita dari bahaya narkoba. Adapun strategi pencegahan narkoba yang bisa dilakukan oleh penggiat P4GN yaitu melatih masyarakat sebagai relawan anti narkoba, deteksi warga yang baru pindah ke kampung, membuat resam kampung tentang Narkotika, melakukan diseminasi informasi P4GN di lingkungan desa masing-masing sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terakhir lakukan pengawasan secara kontinu dalam menghadapi masyarakat sehingga kita bisa menjadikan Desa Bersinar di Gayo Lues.

Kadis DP3AP2KB Gayo Lues Ibu Sartika Mayasari, S. STP., MA judul materi Rehabilitasi, Adiksi, dan Konseling Pecandu narkoba dan korban penyalahguna narkoba WAJIB direhabilitasi sesuai dengan pasal 54.UU.No.35 Tahun 2009. Adapun orang yang harus direhabilitasi adalah sebagai berikut: Masyarakat yang menjadi pecandu narkoba, seseorang yang ditangkap dan diputuskan oleh pengadilan sebagai pecandu, dan seseorang yang tertangkap tangan dengan barang bukti sesuai dengan seruan Mahkamah Agung (SEMA).

 

Kasatpol PP & WH Gayo Lues bapak Syabri, S. Pd* dengan materi *Rencana Aksi P4GN .Rencana aksi P4GN yang dimaksud adalah  Apabila berbicara tentang rencana aksi nasional P4GN terlebih dahulu harus mengetahui 5W +1H. (Siapa?, apa?, mengapa?, kapan?, dimana?, dan bagaimana?) tugas kita selalu penggiat P4GN. Oleh sebab itu sebagai penggiat P4GN lingkungan masyarakat mempunyai tugas: kegiatan sosialisasi, komitmen dalam menjaga lingkungan BERSINER, bersinergi dengan TNI/Polri, instansi pemerintah dalam upaya P4GN, aktif dalam diskusi tentang narkoba, dan berani melapor apabila ada yang terlibat kasus narkoba.

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, sekaligus peserta memberikan masukan dan saran, untuk upaya P4GN kedepan.

 

Selanjutnya penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Kepala BNNK Gayo Lues bapak Fauzul Iman, ST.,MSi kepada bapak Ridwan. Kadis P3AP2KB Gayo Lues Ibu Sartika Mayasari, S. STP.,MA kepada Ibu Eva Rahmawati, ST. Kasatpol PP & WH bapak Syabri, S.Pd kepada bapak Suhardinsyah.Terakhir Kepala BNNK Gayo Lues Bapak *Fauzul Iman ST.,M.Si menutup acara Workshop Tematik P4GN secara resmi dan mengharapkan kedepan terbentuknya Resam Kampung Tentang Desa BERSINAR.tutur nya.

(Johari argum)

 

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Jalin Kerjasama, Pemkab Gayo Lues Pasok Bawang Merah dan Cabai ke Kota Subulussalam
Ngopi Bareng, Pj Bupati Ajak Insan Pers dan LSM Bersama dalam Membangun Kabupaten Gayo Lues
Pj. Bupati Gayo Lues Coffe Morning Bersama Wartawan dan LSM
PJ.Bupati Gayo Lues Gelar Coffee Morning Bersama Wartawan Dan LSM
PJ. Bupati Gayo Lues H. Jata SE MM Disambut Meriah Oleh Masyarakat Terangun.
Sekda Kabupaten Gayo Lues Hari ini Resmi Dilantik sebagai PJ. Bupati Gayo Lues.
Hari Ini, H. Jata,SE Di Lantik Sebagai PJ. Bupati Gayo Lues.
Kepala BNNK Gayo Lues Resmi Tutup Kegiatan Bimtek Penggiat P4GN Lingkungan Pendidikan.

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:30 WIB

5 Rekomendasi Vendor WhatsApp Business API Provider Terbaik di Indonesia

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:00 WIB

SEC Resmi Menyetujui Perdagangan Spot Ethereum ETF, Trader Siap Trading?

Rabu, 24 Juli 2024 - 07:34 WIB

VRITIMES Umumkan Kerjasama Media dengan Bedalagi.com

Selasa, 23 Juli 2024 - 23:10 WIB

Wajib Tau! Ini Alasan Kenapa Bisnis Perlu Menggunakan WhatsApp Business API

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:59 WIB

QNAP Thunderbolt™ 4 NAS TBS-h574TX dan TVS-h874T Memenangkan Penghargaan Desain Produk Red Dot 2024

Selasa, 23 Juli 2024 - 13:29 WIB

Siapa Pemilik Bitcoin Terbanyak di Dunia? Ini Negara dan Perusahaan dengan Koleksi Terbesar!

Selasa, 23 Juli 2024 - 12:17 WIB

Masa Depan Staking Bitcoin dalam ETF Kripto: Dapatkah Diharapkan?

Selasa, 23 Juli 2024 - 11:00 WIB

BINUS UNIVERSITY Peringati Dies Natalis ke-43: Tingkatkan Semangat Membina dan Memberdayakan Masyarakat

Berita Terbaru

EKONOMI & BISNIS

5 Rekomendasi Vendor WhatsApp Business API Provider Terbaik di Indonesia

Rabu, 24 Jul 2024 - 11:30 WIB

EKONOMI & BISNIS

SEC Resmi Menyetujui Perdagangan Spot Ethereum ETF, Trader Siap Trading?

Rabu, 24 Jul 2024 - 11:00 WIB

EKONOMI & BISNIS

VRITIMES Umumkan Kerjasama Media dengan Bedalagi.com

Rabu, 24 Jul 2024 - 07:34 WIB

EKONOMI & BISNIS

Wajib Tau! Ini Alasan Kenapa Bisnis Perlu Menggunakan WhatsApp Business API

Selasa, 23 Jul 2024 - 23:10 WIB