DPW IWO Indonesia Provinsi Sumut Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah

Kamal Porang

- Redaksi

Kamis, 23 November 2023 - 21:09 WIB

3055 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Medan – Menyambut pesta demokrasi pertengahan Februari 2024 mendatang, pengurus DPW Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) Sumatera Utara, menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan judul “Pemilu Damai Indonesia Ku”.

Pemilu damai tahun 2024 merupakan cita-cita seluruh rakyat Indonesia, untuk mewujudkan NKRI kearah yang lebih baik dengan iklim perpolitikan yang kondusif yang berdampak pada kebijakan politik yang menarik minat investor asing untuk berinvestasi sehingga terciptanya peluang kerja dan alih ilmu teknologi kepada anak bangsa.

Selain itu iklim politik yang kondusif memungkinkan investor dalam negeri tidak merasa khawatir bila mengembangkan usahanya.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ikatan Wartawan Online Indonesia (DPW IWOI) Sumatera Utara mendukung terlaksananya proses pesta demokrasi dengan langsung, umum bebas dan rahasia (Luber) pada Pemilu damai 2024.

Pesan moril melalui tulisan yang disampaikan oleh mahasiswa lewat lomba karya tulis ilmiah ini agar senantiasa menjaga keberagamaan bangsa ini, peradaban dan budaya leluhur nenek moyang kita yang telah dipupuk dalam kebhinekaan yang sudah lama terbangun. Sehingga perlu kita jaga bersama.

Lewat karya tulis ini diharapkan mahasiswa memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar tentang perlunya etika dalam berpolitik. Cara cerdas dan dewasa dalam mendukung Sang Kontestan dengan cara yang bijaksana. Mampu memberikan edukasi kepada warga masyarakat agar tidak terperosok kepada sikap membabi-buta yang dikemudikan hari berdampak pada persoalan hukum yang merugikan diri sendiri.

Demikain disampaikan Ketua DPW IWOI Sumut, Ratno SH, MM didampingi Wakil Ketua Sehat Sembiring, Wakil Sekretaris H. Sempurna Wirawan, S.Sos dan Bendahara Hariyati Panggabean. Serta sejumlah pengurus lainnya diantaranya Budi, Robin Silalahi, Kamis (23/11/2023) sore.

Lebih Lanjut dijelaskan Ratno, SH,MM sebagai Ketua Panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah kepada media, didampingi sekretaris panitia Budi Sudatman SE dan Robin Silalahi sebagai Bendahara.

“Media agar menjaga Pemilu tahun 2024 damai, aman, sejuk dan bermartabat demi persatuan dan kesatuan serta keutuhan di bumi NKRI,” ujar Ketua IWOI Sumatera Utara.

Media harus berkomitmen untuk menghindari publikasi berita yang bersifat bohong, tendensius, menyesatkan atau bersifat sensasional, atau berita hoaks.

Oleh karena itu, Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan judul “Pemilu Damai Indonesia Ku” ini nantinya dapat memberi edukasi khususnya bagi kalangan mahasiswa khususnya dan masyarakat Indonesia khususnya.

Tulisan para peserta nantinya akan diterbitkan di media yang tergabung di DPW IWOI Sumut. Peran media sangat penting dalam menentukan kesuksesan pesta demokrasi tersebut. Karena masyarakat harus ikut serta melakukan pencegahan kerawanan menjelang Pemilu 2024.

“Media dan pers harus menjadi contoh dan menjadi penentu tata kelola pemerintahan kita. Menjunjung tinggi demokrasi itu adalah tanggung jawab pers”, ujar Ratno SH.,MM.

Pers menjadi penentu sistem demokrasi Indonesia. Karena itu, lanjutnya, pers memiliki pengaruh menjadikan masyarakat sebagai berperan aktif, memberikan informasi akurat, memberikan hiburan tata kelola pemilu, menjadi kontrol, mengelola daya pikir masyarakat, dan menjaga keberagaman yang ada di Indonesia.

Adapun kriteria depan persyaratan lomba karya tulis ilmiah sebagai berikut: Karya tulis harus asli dan bukan plagiat. Belum pernah memenangkan dan belum pernah diikutsertakan dalam karya tulis lain.

 

*Hadiah dari Dewan Pembina DPW IWOI Sumut Guntur Syahputra*

 

Peserta lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat mahasiswa/mahasiswi yang aktif di perguruan tinggi di Sumatera Utara, dan untuk pemenang juara I, II dan III mendapat hadiah uang tunai, Plakat dan Piagam dari Dewan Pembina DPW IWOI Sumut, *Guntur Syahputra* yang juga Dewan Pembina KORAN RADAR GROUP.

Pendaftaran dapat disampaikan melalui Email Panitia: iwoindonesia@gmail.com dan untuk informasi lebihlanjut dapat menghubungi CP: 0821- 8220 -1643. Pendaftaran dimulai 24 November sampai 5 Desember 2023 dan selanjutnya pengumuman pemenang disampaikan pada tanggal 8 Januari 2024.

[Tim – IWO-I]

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Masyarakat Dan Pemuda Desa Penggalangan Demo di Depan Bale Musara, Tuntut PSU Pemilu 2024
Ketua TKN Aceh Mualem Apresiasi Penampilan Prabowo dalam Debat Tadi Malam
Ferdy Sembiring Siapkan Santapan Berbuka Bagi Puluhan Jamaah Yang Berpuasa Sunah Senin
Peringatan Hari Pahlawan Ke-78, Pj Gubernur Sultra : Teladani Nilai Luhur Perjuangan Para Pahlawan
Terapkan Pelayanan Publik Berbasis HAM, Imigrasi Sibolga Raih Penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI
Melawan Saat Ditangkap, Pelaku Pembakaran Deni Didor Polisi
Diduga Diserobot PT NL, Ahli Waris 13 Hektar Tanah Di Jalan Gaperta Dirikan Plank Kepemilikian
Resmi Buka Wakatobi Wave, Pj. Gub Sultra : Budaya Merupakan Potensi Ekonomi

Berita Terkait

Kamis, 29 Februari 2024 - 18:31 WIB

Bappeda Rohul Gelar Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2025

Kamis, 29 Februari 2024 - 18:22 WIB

Tak Merasa Aman Tinggal Di Rumah Sendiri Warga Datangi Polsek Rambah, Polri Akan Fasilitasi Pertemuan Kembali

Senin, 26 Februari 2024 - 14:15 WIB

Wabup Lepas Pawai Ta’ruf MTQ XXIV Tingkat Kabupaten Tahun 2024, Polres Rohul Giat PAM Dan Gatur Lalulintas

Minggu, 25 Februari 2024 - 23:34 WIB

Semarakan Cap Go Meh 2024, Atraksi Barongsai Naga Guntur Geni Kostrad Pukau Ribuan Masyarakat Kota Magelang

Minggu, 25 Februari 2024 - 21:31 WIB

Tingkat Keamanan di Lingkungan Karian Wajib di Perhatikan

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:32 WIB

Peran Serta Babinsa Joyotakan Bantu Pendistribusian Beras dari Bulog

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:30 WIB

Peduli Kemanusiaan, Anggota Koramil 03/Serengan Ikuti Donor Darah

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:30 WIB

Pastikan Harga Sembako Stabil, Serma Yudhi dan Security Cek Harga Sembako Di Pasar 

Berita Terbaru