IIDI Jakarta Selatan Gelar Health Talk For Charity , Dukung Prioritas Nasional Cegah Stunting

TEROPONG UTARA

- Redaksi

Minggu, 3 Maret 2024 - 14:35 WIB

3028 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta — Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Jakarta Selatan menggelar Health Talk For Charity dalam rangka meningkatkan edukasi kesehatan dan dukung prioritas nasional cegah stunting yang diadakan di Menara Imperium, Jakarta Selatan, Sabtu (2/3/2024).

Ketua IIDI Cabang Jakarta Selatan, Lizvy Revina mengatakan dalam upaya mewujudkan generasi emas yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan nilai-nilai etika. Sehingga sangat penting mengatasi berbagai persoalan dengan mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas. Permasalahan stunting menjadi perhatian dan tanggungjawab bersama. Stunting merupakan suatu keadaan dimana malnutrisi baik gizi yang lebih maupun kurang mempunyai dampak merugikan baik dari sisi kesehatan maupun produktivitas lainnya, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

“Dalam jangka pendek, stunting terkait perkembangan sel otak yang berdampak pada tingkat kecerdasan yang tidak optimal, sehingga kemampuan kognitif anak dalam jangka panjang menjadi rendah akhirnya menurunkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi serta menimbulkan permasalahan sosial dan budaya” ujar Lizvy.

IIDI Cabang Jakarta Selatan sangat peduli dan konsisten serta turut mendukung upaya penanggulangan dan percepatan stunting. Selaras dengan program unggulan IIDI untuk mendukung prioritas nasional cegah stunting.
Aksi bersama mencegah stunting yang melibatkan lintas sektor, masyarakat dan praktisi akan membuahkan hasil yang signifikan.

Dari hasil monitoring dan evaluasi dalam aksi konvergensi stunting telah banyak langkah kreatif dan kemajuan yang diinisiasi oleh IIDI Jaksel dan IDAI Jaya bekerjasama dengan lintas sektor dalam melaksanakan penanggulangan dan penurunan percepatan stunting khususnya di wilayah Jakarta Selatan.

Lizvy mengungkapkan bahwa bukti nyata keterlibatan IIDI Cabang Jakarta Selatan dalam penurunan stunting adalah pada bulan bakti istri dokter tahun 2022 mengadakan edukasi cegah stunting kepada masyarakat yang dimana sasarannya adalah remaja puteri, ibu hamil, ibu menyusui , calon pengantin dan anak balita.

Kemudian, pada tanggal 5 Juli 2022 IIDI Jaksel memfasilitasi kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis oleh para dokter spesialis dan sub spesialis kepada 14 anak terduga stunting di Pondok Labu yang dilakukan di Klinik Anakku Pondok Pinang. Pada bulan Agustus -September 2022 melakukan monitoring dan evaluasi perkembangan anak stunting termasuk rujukan ke RS Mayapada Lebak Bulus. Di bulan Oktobet 2022 diselenggarakan pemeriksaan kesehatan massal se-Jakarta Selatan untuk anak-anak stunting yang diikuti kurang lebih 200 anak bekerja sama dengan IDAI Jaya dan RSUP Fatmawati, ujar Lizvy.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian makanan bergizi seimbang “Isi Piringku” kepada anak-anak stunting wilayah binaan Pondok Labu. Kampanye isi piringku berupa pembagian protein hewani:telur, ikan, ayam, protein nabati berupa sayuran, SOP segar, susu, vitamin dan buah-buahan. Kabar baiknya, Pondok Labu telah terpilih menjadi wilayah dengan predikat baik dalam penanganan percepatan penurunan stunting tingkat nasional di 1000 hari kehidupan.

Pencegahan stunting membutuhkan integrasi dan strategi dari berbagai pihak, salah satu langkah yang ditempuh yakni kampanye nasional perubahan perilaku melalui kegiatan-kegiatan masyarakat.

Memberikan gizi seimbang kepada anak menjadi sangat penting dan strategis baik dari protein hewani maupun nabati. Kegiatan health charity yang dilakukan hari ini salah satu upaya kami melakukan penggalangan dana yang akan kami salurkan untuk kegiatan bakti sosial dan peduli balita stunting .

Selanjutnya Lizvy menambahkan semoga kegiatan ini bisa menggerakkan hati kita semuanya untuk peduli terhadap kesehatan tumbuh kembang anak. Sebab, anak adalah cikal bakal generasi penerus bangsa. Kalau anak cerdas maka bangsa juga semakin maju. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati dan cegah stunting itu sangat penting.

Kami juga berharap bangsa Indonesia dapat memanfaatkan peluang bonus demografi dengan tersedianya sumber daya manusia berkualitas, sehat, cerdas, aktif, kreatif dan berdaya saing tinggi.

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Survei Litbang Kompas: TNI-Polri jadi Lembaga dengan Citra Positif Teratas
Rangkaian Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Sultra
BARAJP Apresiasi Pernyataam Prabowo Tentang Keringat Yang Setia Hingga Akhir
Silaturahmi dengan MUI Pusat, PGSI Pastikan Pendeta Gilbert Telah Dimaafkan
Diduga Korupsi Danah Hibah BUMN, Wilson Lalengke: Bubarkan PWI Peternak Koruptor
Pimpin Apel Perdana Pasca Lebaran, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang Berikan Penghargaan dan Gelar Halal Bi Halal
Mabes Polri Didemo Lantaran Kasus Nenek Bahriyah, Pamekasan Progres Minta Kapolres dan Kasatreskrim Dicopot
Kapolri bersama Menko Polhukam Naik Heli Tinjau Kesiapan Arus Mudik di Merak

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:30 WIB

5 Rekomendasi Vendor WhatsApp Business API Provider Terbaik di Indonesia

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:00 WIB

SEC Resmi Menyetujui Perdagangan Spot Ethereum ETF, Trader Siap Trading?

Rabu, 24 Juli 2024 - 07:34 WIB

VRITIMES Umumkan Kerjasama Media dengan Bedalagi.com

Selasa, 23 Juli 2024 - 23:10 WIB

Wajib Tau! Ini Alasan Kenapa Bisnis Perlu Menggunakan WhatsApp Business API

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:59 WIB

QNAP Thunderbolt™ 4 NAS TBS-h574TX dan TVS-h874T Memenangkan Penghargaan Desain Produk Red Dot 2024

Selasa, 23 Juli 2024 - 13:29 WIB

Siapa Pemilik Bitcoin Terbanyak di Dunia? Ini Negara dan Perusahaan dengan Koleksi Terbesar!

Selasa, 23 Juli 2024 - 12:17 WIB

Masa Depan Staking Bitcoin dalam ETF Kripto: Dapatkah Diharapkan?

Selasa, 23 Juli 2024 - 11:00 WIB

BINUS UNIVERSITY Peringati Dies Natalis ke-43: Tingkatkan Semangat Membina dan Memberdayakan Masyarakat

Berita Terbaru

EKONOMI & BISNIS

5 Rekomendasi Vendor WhatsApp Business API Provider Terbaik di Indonesia

Rabu, 24 Jul 2024 - 11:30 WIB

EKONOMI & BISNIS

SEC Resmi Menyetujui Perdagangan Spot Ethereum ETF, Trader Siap Trading?

Rabu, 24 Jul 2024 - 11:00 WIB

EKONOMI & BISNIS

VRITIMES Umumkan Kerjasama Media dengan Bedalagi.com

Rabu, 24 Jul 2024 - 07:34 WIB

EKONOMI & BISNIS

Wajib Tau! Ini Alasan Kenapa Bisnis Perlu Menggunakan WhatsApp Business API

Selasa, 23 Jul 2024 - 23:10 WIB