KUNKER Kepala BNNP Aceh Serta Meninjau Pembibitan Kebun Kopi Percontohan Aksi GDAD Di Kabupaten Gayo Lues.

Kamal Porang

- Redaksi

Kamis, 16 November 2023 - 15:24 WIB

30208 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gayo Lues – Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh (BNNP) Brigjen. Pol, Rudy Ahmad Sudrajat SIK,MH beserta rombongan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Sekaligus meninjau Pembibitan Kebun Kopi Percontohan Aksi GDAD di Kabupaten Gayo Lues.

Kedatangan Kepala BNNP Aceh tersebut disambut langsung PJ. Bupati Gayo Lues, Kepala BNNK Gayo Lues beserta Jajaran dan Forkopimda lainnya, Rabu (15/11/2023) Dini hari tadi.

Dalam Sambutannya, Kepala BNNP Aceh, Brigjen.Pol, Rudy Ahmad Sudrajat SIK MH mengatakan, Program Nasional GDAD di Wilayah Aceh berada pada 3 Wilayah seperti, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Bireuen dan Kabupaten Gayo Lues.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kunjungan kerja kali ini bertujuan untuk bersilaturahmi dan sekaligus melaksanakan Kegiatan Aksi GDAD Study Banding meninjau langsung Program Nasional GDAD untuk mengetahui sejauh mana sudah Pelaksanaan Program ini.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues yang telah memberikan Perhatian Khusus dan bersinergi dengan BNNK Gayo Lues, dalam hal mewujudkan Kabupaten Gayo Lues Bersinar, hal ini akan disampaikan langsung kepada Pimpinan BNN RI untuk mensukseskan Program GDAD di Provinsi Aceh ini,” Tutur Kepala BNNP Aceh ini.

Sementara PJ. Bupati Gayo Lues, Drs, H. Alhudri, MM menyampaikan, Program ini luar biasa, karena Ketinggian Wilayah Kabupaten Gayo Lues di atas 1.000 ‘MDPPL’ sehingga Potensi untuk Tanaman Kopi sangat bagus, dan juga saat ini harga Kopi sangat Stabil, karena mengikuti nilai Dolar dan Kopi Gayo Lues kini sudah mendunia.

“Saya atas Kepala Pemerintahan Kabupaten Gayo Lues mengucapkan terimakasih kepada Kepala BNNK Gayo Lues Saudara Fauzul Iman ST MSi, yang telah memberikan Pemahaman dan Edukasi Hukum kepada Masyarakat Gayo Lues untuk menanam Kopi GDAD, sehingga dengan adanya tanaman produktif ini di harapkan, Masyarakat Gayo Lues tidak lagi menanam Tanaman terlarang,” Sebut Alhudri.

Selain itu, Kepala BNNK Gayo Lues, Fauzul Iman ST MSi menyampaikan, Program Nasional GDAD berlangsung dari Tahun 2016 Hingga Tahun 2025, Aksi GDAD ini bertujuan untuk mengedukasi Masyarakat dan menyadarkan dan juga merubah mindset Masyarakat, agar mengerti tanaman Ganja dengan tanaman Produktif seperti Kopi GDAD yang sesuai dengan rencana Aksi GDAD.

Sehingga nantinya, Pembibitan Kopi yang akan di bagi – bagaikan kepada Masyarakat melalui BNNK Gayo Lues, Koperasi CGML dan Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues.

Saat ini Kata Fauzul Iman, BNNK Gayo Lues bersama KSU CGML telah membangun Sinergi dan Kolaborasi dengan PJ. Bupati Gayo Lues, H. Drs, Alhudri MM dan Kemitraan dengan PT. Ujang Jaya Internasional dan juga Masyarakat untuk menstabilkan harga jual Kopi Untuk mengimbangi Pasar gelap Ganja, agar nantinya Masyarakat tidak lagi menanam atau menerima Upah untuk menanam Barang Haram tersebut di Kabupaten Gayo Lues ini.

Lanjutnya, Implementasi Misi ke 6 GDAD terlaksana di Kabupaten Gayo Lues dengan melakukan Perintisan guna mewujudkan Agrowisata di Kabupaten Gayo Lues pada Tahun 2025 mendatang, hal ini merupakan wujud nyata Program Nasional BNN RI untuk dilaksanakan oleh BNNP Aceh melalui BNNK Gayo Lues, Yang juga merupakan Putra Daerah Kabupaten Gayo Lues.

“Dibentuknya Koperasi CGML yang telah di Sertifikasi Oleh Starbuck melalui PT. Ujang Jaya Internasional, maka Masyarakat Gayo Lues tidak perlu ragu lagi mengganti Ganja dengan tanaman Kopi, tentunya dengan adanya ini dapat menekan Kultivasi Ganja di Kabupaten Gayo Lues untuk mewujudkan Kabupaten Gayo Lues Bersinar,” Pungkasnya.

Diakhir acara, Ketua Koperasi KSU CGML,Abdul Rahman menjelaskan, Koperasi KSU GCML berdiri sekitar 1,9 Tahun dan bekerja sama dengan BNNK Gayo Lues, dalam menyediakan Bibit Kopi dari hasil Swadaya Koperasi Kopi Gayo Mountain Lauser dan BNNK Gayo Lues dan nantinya, dibantu oleh PT. Ujang Jaya Internasional juga Starbuck. Hal yang nantinya dilaksanakan yaitu:

1. Membangun relasi dengan Starbuck melalui PT. Ujang Jaya Internasional.
2. Sudah mengirimkan Kopi GDAD 300 Ton. Pada pengiriman perdana di hadiri Oleh Tim BNN RI, BNNP Aceh dan BNNK Gayo Lues.
3. Kebun Kopi Percontohan Aksi GDAD Seluas 10 Hektar yang di Tumpang sari dengan tembakau, Cabe dan Semangka.
4. Melakukan Pentamanan Bibit Kopi dengan BNNK Gayo Lues.

Kunjungan Kerja Kepala BNNP Aceh tersebut juga didampingi Oleh Kepala BNNK Gayo Lues, Fauzul Iman ST MSi, dan Ketua DPW BNNK Gayo Lues Nyonya, Ponisih Fauzul Iman serta di hadiri Oleh PJ. Bupati Gayo Lues, Drs,H. Alhudri MM, Forkompinda, SKPK, Para Camat, Para Pengulu, di Kantor BNNK Gayo Lues. Selanjutnya, secara bersama berangkat menuju lokasi pembibitan kopi GDAD di Dusun Uyum Beriring, Desa Palok Kecamatan Blangkejeren.[]

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Bakti Sosial Aliansi Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Bersama Masyarakat Desa Sepang Gayo Lues dalam rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Ini Penjelasan Perawat Puskesmas Pining yang Ikut Rujuk Pasien yang Meninggal Dunia di Jalan
Enam Satuan jajaran Kodam IM memperoleh Penganugerahan KPPN Awards Semester II tahun 2023
Babinsa Koramil Pining Berikan Sumbangan Untuk Masjid Di Desa Binaan
Kapolres Gayo Lues Pimpin Upacara Inabsensia Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) Personel
Kapolres Gayo Lues Pimpin Upacara Pemberian Penghargaan Kepada Personel Berprestasi dalam Mengungkap Kasus Narkotika Jenis Ganja
Babinsa Koramil 04/Kp Mendampingi Petani Mengecek Pertumbuhan Bawang Merah di Desa Binaanya
Miris.. Warga Kec. Pining Terbaring Sakit Dibawa dengan Mobil Pickup, Meninggal Dunia di Jalan, Ambulans Rusak

Berita Terkait

Kamis, 29 Februari 2024 - 18:31 WIB

Bappeda Rohul Gelar Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2025

Kamis, 29 Februari 2024 - 18:22 WIB

Tak Merasa Aman Tinggal Di Rumah Sendiri Warga Datangi Polsek Rambah, Polri Akan Fasilitasi Pertemuan Kembali

Senin, 26 Februari 2024 - 14:15 WIB

Wabup Lepas Pawai Ta’ruf MTQ XXIV Tingkat Kabupaten Tahun 2024, Polres Rohul Giat PAM Dan Gatur Lalulintas

Minggu, 25 Februari 2024 - 23:34 WIB

Semarakan Cap Go Meh 2024, Atraksi Barongsai Naga Guntur Geni Kostrad Pukau Ribuan Masyarakat Kota Magelang

Minggu, 25 Februari 2024 - 21:31 WIB

Tingkat Keamanan di Lingkungan Karian Wajib di Perhatikan

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:32 WIB

Peran Serta Babinsa Joyotakan Bantu Pendistribusian Beras dari Bulog

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:30 WIB

Peduli Kemanusiaan, Anggota Koramil 03/Serengan Ikuti Donor Darah

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:30 WIB

Pastikan Harga Sembako Stabil, Serma Yudhi dan Security Cek Harga Sembako Di Pasar 

Berita Terbaru