Mempersiapkan Pemilu Serentak 2024, JMSI Lebak Gelar Dialog Publik Bersama Pengamat, Kesbangpol dan Mahasiswa

Redaksi Medan

- Redaksi

Minggu, 10 September 2023 - 08:17 WIB

3065 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

LEBAK – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Lebak menggelar Dialog publik dan Rapat kerja pada Sabtu 9 September 2023 di Hotel Maris Rangkasbitung.

Adapun acara dialog publik yang mengangkat tema ” Peran Media Dalam Mensukseskan Pemilu Dan Pemilihan Serentak 2024 tersebut di ikuti oleh peserta dari unsur OKP maupun Mahasiswa, Wartawan, LSM, Ormas beserta tamu undangan lainnya.

Kemudian hadir sebagai narasumber dialog publik yaitu Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Lebak H. Sukanta beserta jajaran, tokoh muda Lebak Muhammad Suryana, H. Agus Sutisna, Dosen Universitas Muhamadiyah Tangerang, Ketua JMSI Provinsi Banten, Wahyu Hariyadi, Sekretaris Rizki Ahmad Suhaedi dengan Moderator Aditya Ramadhan.

Dalam sambutannya ketua JMSI Lebak Aji Rosyad mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut mendukung acara JMSI.

Ia berharap, semoga acara tersebut dapat menambah wawasan dan menjadi pelajaran bagaimana dalam bersikap, terutama kepada rekan media yang tergabung di JMSI untuk mengedepankan profesional jurnalis dan patuh terhadap kode etik jurnalistik.

“Semoga kita dapat terus meningkatkan eksistensi dalam bekerja sesuai dengan kaidah dan kode etik jurnalistik,” ucap Aji Rosyad.

Aji juga menambahkan, dalam persiapan mensukseskan poltik 2024, pihaknya JMSI siap mendukung pemerintah untuk terus melawan berita hoax dari berbagai arah dan kemungkinan khususnya menjelang perhelatan politik di Kabupaten Lebak.

“Tentu kita siap untuk melawan berita berita hoax yang pasti merugikan. Untuk itu, kita juga ingin bersama sama dengan pemerintah atau semua pihak bekerjasama dengan baik dan tidak alergi apalagi menjauh terhadap media,” imbuhnya.

“Sehingga kita bersama sama dapat menyukseskan perhelatan politik yang damai, tertib, berwibawa dan sesuai harapan bersama,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Kabupaten Lebak H. Sukanta dalam kesempatannya menuturkan bahwa, peran Kesbangpol dalam pelaksanaan pemilu di tanggal 14 Pebruari dan Pilkada pada 27 Nopember 2024, pihaknya selaku pemerintah daerah berkaitan dengan suksesi pemilu sudah melakukan sosialisasi kebangsaan, pembinaan partai politik, pembinaan Ormas, dan sosialisasi yang berkaitan kebangsaan.

“Untuk menambah informasi kepada pihak kami, maka di pandang perlu adanya kerjasama dengan pihak media, agar kita selalu update mengenai informasi,” tuturnya.

H. Sukanta mengaku, selaku pelaksana dari pemerintah di luar penyelenggara seperti KPU dan penyelenggara lainya, Kesbangpol juga telah melaksanakan sesuai dengan apa yang sudah menjadi ketentuan.

“Untuk itu diharapkan dalam pelaksanaan pesta demokrasi 2024 di Kabupaten Lebak ini berjalan aman, lancar dan damai,” ungkapnya.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama, H. Agus Sutisna sebagai narasumber menyampaikan soal titik berat dalam penyampaian soal pemilu yang saat ini sedang hangat di perbincangkan, baik pileg, pilpres maupun pilkada, terutama menyoroti soal pilpres.

“Saat ini kita seakan di paksa untuk mengikuti informasi tersebut, seolah kita hanya menghadapi pilpres saja, sedangkan pileg dan pilkada tidak ada apa – apa, padahal itu bagian dari serangkaian pemilu,” ungkapnya.

H. Agus berharap kepada rekan media untuk selalu mengawal dengan sebaik – baiknya, dan sampaikanlah informasi ke publik dengan berimbang.

“Saya mohon kepada rekan media dan mahasiswa untuk mengawal pelaksanaan pemilu dengan baik, terutama kepada rekan media Siber untuk mengedukasi pelaksanaan pemilu, mengawal, mengontrol bahkan mengkritisi bila terdapat kejanggalan, bahkan harus melawan ketika menemukan kecurangan pada pelaksanaan pemilu,” pungkasnya.

Setelah selesai pelaksanaan dialog publik, acara dilanjutkan dengan rapat kerja internal JMSI Kabupaten Lebak yang ke 1 dengan membahas kinerja JMSI kedepannya.(Enggar)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Masyarakat Dan Pemuda Desa Penggalangan Demo di Depan Bale Musara, Tuntut PSU Pemilu 2024
Ketua TKN Aceh Mualem Apresiasi Penampilan Prabowo dalam Debat Tadi Malam
DPW IWO Indonesia Provinsi Sumut Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah
Ferdy Sembiring Siapkan Santapan Berbuka Bagi Puluhan Jamaah Yang Berpuasa Sunah Senin
Peringatan Hari Pahlawan Ke-78, Pj Gubernur Sultra : Teladani Nilai Luhur Perjuangan Para Pahlawan
Terapkan Pelayanan Publik Berbasis HAM, Imigrasi Sibolga Raih Penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI
Melawan Saat Ditangkap, Pelaku Pembakaran Deni Didor Polisi
Diduga Diserobot PT NL, Ahli Waris 13 Hektar Tanah Di Jalan Gaperta Dirikan Plank Kepemilikian

Berita Terkait

Kamis, 23 Mei 2024 - 23:39 WIB

Pengembangan Kasus Peredaran Narkotika Jenis Sabu, Satresnarkoba Polres Gayo Lues Berhasil Tangkap Pelaku

Kamis, 23 Mei 2024 - 23:05 WIB

Satresnarkoba Polres Gayo Lues Berhasil Ungkap Kasus Peredaran Narkotika Jenis Sabu

Kamis, 23 Mei 2024 - 18:17 WIB

Maju Pilkada Kabupaten Gayo Lues, Pasangan Muhammad Amru-Idris Arlem Mendaftar ke Demokrat

Selasa, 21 Mei 2024 - 23:39 WIB

BNNK Gayo Lues Kembali Gelar Kegiatan Life Skill Pembuatan Pupuk Organik Cair Di Desa Beranang.

Selasa, 14 Mei 2024 - 15:44 WIB

Polres Gayo Lues Gelar Pengaturan dan Pengamanan di Lokasi Longsor

Kamis, 9 Mei 2024 - 14:10 WIB

Dandim 0113/Gayo Lues Dampingi Kapok Ahli Bid Hukum dan Humaniter Kodam IM Tanam Pohon

Kamis, 9 Mei 2024 - 13:54 WIB

Polsek Kutapanjang Gelar Patroli Malam Ajak Masyarakat Bersama Jaga Situasi Kamtibmas Jelang Pilkada 2024

Rabu, 8 Mei 2024 - 13:46 WIB

Unit Kamsel Satlantas Polres Gayo Lues Gelar Saweu Sikula Sampaikan Himbauan Tertib Berlalu Lintas dan Tidak Berkendara di Bawah Umur

Berita Terbaru