Pembangunan IKN Nusantara demi Kemajuan Perekonomian dan Lingkungan Hidup

TEROPONG UTARA

- Redaksi

Kamis, 21 September 2023 - 07:58 WIB

3061 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta – Pemindahan ibukota ke Nusantara dinilai akan memberikan dampak yang positif bagi kemajuan pertumbuhan Indonesia. Pembangunan IKN Nusantara mengedepankan konsep Future Smart Forest City and Sponge City guna menciptakan Kota yang futuristik, cerdas dan ramah lingkungan.

Pemerintah akan terus menjaga kelestarian lingkungan dan budaya lokal yang ada. Dengan menjaga keberagaman budaya yang ada di wilayah IKN Nusantara, diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi proses pembangunan dan pengembangan IKN Nusantara kedepan.

Samsudin, selaku Staf ahli Bidang Hukum Menpora RI mengatakan bahwa, IKN Nusantara, sejak awal, telah direncanakan sebagai pendorong utama dalam membuka potensi ekonomi Indonesia secara menyeluruh. Tujuannya adalah untuk menggalakkan pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi tingkat kemiskinan.

“IKN Nusantara diharapkan akan menjadi simbol identitas nasional dan menjadi pusat ekonomi yang baru, yang berpotensi menciptakan efek berlipat ganda,” ujar Samsudin melalui keterangannya, Rabu (20/9).

Ia juga menyebutkan bahwa, IKN akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang akan mendistribusi manfaatnya ke wilayah-wilayah di luar Jawa, yang pada gilirannya akan mendukung upaya pembangunan Indonesia Sentris menuju visi Indonesia Maju pada tahun 2045.

Terpisah, Hendra Lesmana Arsdi, selaku Sekjend DPP Mahasiswa Pancasila turut menyebutkan bahwa, IKN akan membawa dampak positif. Kehadirannya, Ia menyebut IKN Nusantara tidak akan merusak hutan alam. Bahkan sebaliknya, IKN akan memiliki dampak positif dan luas bagi aspek ekologi, ekonomi dan sosial budaya masyarakat.

“Kehadiran IKN juga akan memberikan kontribusi terhadap pencapaian target Folu Net Sink 2030 (kontribusi penurunan emisi yang ditetapkan secara nasional pada 2030. Satu hal yang perlu menjadi perhatian dari Nusantara adalah konsep kota hutan yang berkelanjutan, yang mana diyakini akan menjadi ibu kota negara yang pertama di dunia yang menerapkan konsep forest city,” ucap Hendra.

Hendra mengatakan, konsep forest city di IKN akan menyeimbangkan ekologi alam, kawasan hutan dan sistem sosial secara harmonis. “Lanskap IKN adalah hutan industri yang dikelilingi hutan produksi, konservasi dan kawasan hutan lindung. IKN juga akan mengembalikan hutan Kalimantan Timur menjadi hijau kembali, terkhusus di kawasan IKN,” pungkasnya. (Red).

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Rangkaian Kunjungan Kerja Presiden Jokowi di Sultra
BARAJP Apresiasi Pernyataam Prabowo Tentang Keringat Yang Setia Hingga Akhir
Silaturahmi dengan MUI Pusat, PGSI Pastikan Pendeta Gilbert Telah Dimaafkan
Diduga Korupsi Danah Hibah BUMN, Wilson Lalengke: Bubarkan PWI Peternak Koruptor
Pimpin Apel Perdana Pasca Lebaran, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Karawang Berikan Penghargaan dan Gelar Halal Bi Halal
Mabes Polri Didemo Lantaran Kasus Nenek Bahriyah, Pamekasan Progres Minta Kapolres dan Kasatreskrim Dicopot
Kapolri bersama Menko Polhukam Naik Heli Tinjau Kesiapan Arus Mudik di Merak
Keras..! Aktivis 98 Ini Minta Bahlil Tinggalkan Cara Orde Baru Dalam Menghadapi Demonstrasi Di KPK

Berita Terkait

Kamis, 20 Juni 2024 - 23:27 WIB

Kapolres Gayo Lues Bersama PJU serta Ibu Bhayangkari Lakukan Anjangsana dan Tali Asih ke Warakawuri Polri dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024

Rabu, 19 Juni 2024 - 16:52 WIB

Kapolres Gayo Lues Bersama PJU dan Bhayangkari Serahkan Bantuan Sosial Berupa Sembako Kepada Masyarakat dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024

Senin, 17 Juni 2024 - 17:16 WIB

Kapolres Gayo Lues Serahkan Daging Qurban Hari Raya Idul Adha 1145 H Tahun 2024 Kepada Insan Pers

Sabtu, 15 Juni 2024 - 13:02 WIB

Kapolres Gayo Lues Pimpin Upacara Sertijab PJU Polres Gayo Lues

Jumat, 14 Juni 2024 - 19:44 WIB

BNNK Gayo Lues Gelar Kegiatan Informasi Dan Edukasi Melalui Talks Show/Tatap Muka.

Sabtu, 8 Juni 2024 - 13:38 WIB

BABINSA KORAMIL 06/TRIPE JAYA BERI EDUKASI TUMBUHKAN JIWA PATRIOTISME DI SDN 2 SETUL KECAMATAN TRIPE JAYA.

Minggu, 2 Juni 2024 - 22:41 WIB

H. Idris Arlem Terima Kedatangan Tim Relawan SIKEP Di Kediamannya

Minggu, 2 Juni 2024 - 22:22 WIB

Polres Gayo Lues Gelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) Jelang Pilkada Tahun 2024

Berita Terbaru