Terkait Pemberitaan Wartawan GARUDANEWS, Seperti Pahlawan Kesiangan Kita akan siapkan hak Koreksi Sesuai UU Pers

TEROPONG UTARA

- Redaksi

Jumat, 15 September 2023 - 20:45 WIB

3062 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Aceh Singkil | Terkait pemberitaan yang di tayang media online GARUDANEWS.com tertanggal 15/9/2023 dengan judul ” Masyarakat Kampong Penjahitan Minta Kapolsek Gunung Meriah Tangkap Aktor Yang Berupaya Menggagalkan Pemilihan Kepala Kampong” dimana pada berita tersebut ”

Masyarakat Kampong penjahitan menilai adanya kisruh P2K yang berujung demo dana Kampong, Kamis ( 14/09/2023 ) kemarin sangat sarat politik.

Pasalnya ketua P2K Yahya menerima calon Kepala Kampong yang belum mencapai batas usia. Salah satu calon yang belum mencapai batas usia menjadi calon Kepala Kampong ialah Rudi Lembong, dia masih berusia 24 Tahun 10 bulan, jadi umur yang seharusnya bisa mengikuti pencalonan saat mendaftar minimal 25 tahun.

Dalam narasi berita tersebut yang diterbitkan media GARUDANEWS.com sama sekali sulit dibenarkan,”dalam pemberitaan, wartawan wajib mengacu kepada eUU PERS NO 40 prihal hak jawab dan koreksi. media tersebut juga seolah menepis dari fakta kebenaran yang saat ini dimiliki dan dibuktikan pihak masyarakat kampong penjahitan dan Awak media ketika melakukan kompirmasi terhadap pihak masyarakat dan pihak kejaksaan negeri Aceh Singkil

Terkait pemberitaan yang diterbitkan media Garudanews.com Ini tentu menjadi bahan tertawaan dari kalangan masyarakat kabupaten Aceh Singkil dan sebahagian Awak media nasional lucunya dikatakan nya melalui pemberitaan bahwa pihak wartawan tidak melakukan kompirmasi, sementara pada pemberitaan sebelumnya sangat jelas kita memiliki sumber dan konfirmasi saat sebelum berita ditayangkan, akibat pemberitaan tersebut seakan menjastis bahwa wartawan turun saat itu tidak kompeten dalam melalukan liputan.

Ditempat terpisah, Masyarakat Penjahitan Musda Sagala, dan HERMAN,RAHMAT,AMJAH,
BUSIN, sangat geram menepis ungkapan berita Garudanews.com janganlah berceloteh jika dasar bukti tidak kamu miliki sama halnya mengada- ada cerita yang tidak jelas., Kami ini sesuai dengan aturan, dan sudah memberitahu kepada Polres dan Kejaksaan dan Inspektorat, terkait Orasi Suara Masyakarat, Ini Murni dari Hati Kami, memperjuangkan Hak Suara Kami, untuk Kebaikan kami, Jangan buat kami bertumpah darah di Desa Penjahitan ini.
Tolong jangan campuri hak demokrasi kami.katanaya,

Sementara Yahya dari pihak masyarakat kampong penjahitan mengatakan kepada media ini bahwa saat ini kami sudah bekerja sebagai P2K secara profesional jangan menuduh-nuduh yang tak jelas, ini semua untuk masyarakat, semua nya untuk masyarakat, jangan gara-gara pemberitaan jadi bertumpah darah di desa Penjahitan ini. Pungkas nya

Karena sesuai dengan UU tentang Pers nomor 40 tahun 1999, pada Bab I, Pasal 12 dan 13, Hak koreksi adalah hak setiap orang untuk mengkoreksi atau memberitahukan kekeliruan informasi yang diberitakan oleh Pers, baik tentang dirinya maupun orang lain. Serta kewajiban koreksi adalah keharusan melakukan koreksi atau ralat terhadap suatu informasi, data, fakta, opini, atau gambar yang tidak benar yang telah diberitakan oleh pers bersangkutan.
Dan Pada Bab II pasal 5 ayat 3.

Syahbudin Padang/Redaksi

Facebook Comments Box

Berita Terkait

PT Socpindo Perkebunan Lae Butar Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Aceh Singkil
Masyarakat Aceh Singkil menunggu ketegasan Kejari Aceh Singkil terkait kasus dugaan kerja sama Pemkab Aceh singkil- UGM 2018
Ketua KIP Aceh Singkil Dinyatakan tak Langgar Kode Etik, DKPP RI Pulihkan Nama Baik M. Nasir
Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil Segera Ambil Sikap, Terkait Pemilihan Keuchik
Terkait Dugaan Kecurangan Dan Cacat administratif dan Perbuatan Melawan Hukum proses Pembentukan P2K Desa Penjaitan
Dinilai Cacat Hukum, Warga Tolak Pembentukan P2K Kampong Penjahitan

Berita Terkait

Kamis, 23 Mei 2024 - 23:39 WIB

Pengembangan Kasus Peredaran Narkotika Jenis Sabu, Satresnarkoba Polres Gayo Lues Berhasil Tangkap Pelaku

Kamis, 23 Mei 2024 - 23:05 WIB

Satresnarkoba Polres Gayo Lues Berhasil Ungkap Kasus Peredaran Narkotika Jenis Sabu

Kamis, 23 Mei 2024 - 18:17 WIB

Maju Pilkada Kabupaten Gayo Lues, Pasangan Muhammad Amru-Idris Arlem Mendaftar ke Demokrat

Selasa, 21 Mei 2024 - 23:39 WIB

BNNK Gayo Lues Kembali Gelar Kegiatan Life Skill Pembuatan Pupuk Organik Cair Di Desa Beranang.

Selasa, 14 Mei 2024 - 15:44 WIB

Polres Gayo Lues Gelar Pengaturan dan Pengamanan di Lokasi Longsor

Kamis, 9 Mei 2024 - 14:10 WIB

Dandim 0113/Gayo Lues Dampingi Kapok Ahli Bid Hukum dan Humaniter Kodam IM Tanam Pohon

Kamis, 9 Mei 2024 - 13:54 WIB

Polsek Kutapanjang Gelar Patroli Malam Ajak Masyarakat Bersama Jaga Situasi Kamtibmas Jelang Pilkada 2024

Rabu, 8 Mei 2024 - 13:46 WIB

Unit Kamsel Satlantas Polres Gayo Lues Gelar Saweu Sikula Sampaikan Himbauan Tertib Berlalu Lintas dan Tidak Berkendara di Bawah Umur

Berita Terbaru