Waka Polres Simalungun dampingi Danyon A Sat Brimob Polda Sumut Laksanakan Tradisi Pengambilan Air Suci Sambut Hari Bhayangkara ke-78

TEROPONG UTARA

- Redaksi

Jumat, 7 Juni 2024 - 20:59 WIB

3013 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SIMALUNGUN – Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78, Polda Sumatera Utara menggelar acara tradisi Pengambilan Air Suci yang dilaksanakan pada Jumat, 7 Juni 2024, pukul 13.30 WIB di Mata Air Bah Damanik, Kelurahan Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Wakapolres Simalungun, KOMPOL Hendrik Situmorang, M.M., bersama Danyon A Plopor Sat Brimob Polda Sumut, KOMPOL Zainal Muklisin, memimpin prosesi pengambilan air suci ini. KOMPOL Hendrik Situmorang menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upacara pencucian Pataka Polda Sumatera Utara dan Panji-Panji Kepolisian, yang pengambilannya dilakukan di beberapa lokasi di wilayah hukum Polda Sumatera Utara.

Untuk wilayah Kabupaten Simalungun, air suci diambil dari Mata Air Bah Damanik. Upacara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kabag SDM Polres Simalungun KOMPOL Gandhi Hutagaol, SH., Kasat Samapta Polres Simalungun AKP Lambok Stevanus Gultom, SH., Kapolsek Sidamanik AKP Sathar Tampubolon, serta beberapa tokoh adat dan masyarakat Sidamanik.

Prosesi upacara dimulai dengan masuknya Wakapolres selaku inspektur upacara, diikuti dengan penghormatan pasukan dan laporan dari komandan upacara. Pengambilan air suci dilakukan dengan serangkaian ritual yang dimulai dari pemberian kendi oleh irup kepada tokoh adat, yang kemudian diteruskan kepada juru kunci untuk mengambil air suci. Air suci tersebut kemudian diserahkan kembali kepada tokoh adat dan diberikan kepada irup, yang akhirnya diserahkan kepada Danyon Brimob untuk dibawa ke Medan.

Setelah prosesi pengambilan air suci selesai, acara dilanjutkan dengan arahan dari Wakapolres Simalungun KOMPOL Hendrik Situmorang. Dalam arahannya, KOMPOL Hendrik menyampaikan pentingnya menjaga tradisi dan nilai-nilai budaya dalam setiap kegiatan kepolisian, khususnya dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara yang merupakan hari besar bagi institusi Polri.

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai simbol semata, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan kita terhadap sejarah dan tradisi yang telah mengakar dalam budaya kita. Melalui pengambilan air suci ini, kita diingatkan untuk terus menjaga kehormatan dan integritas dalam menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” ungkap KOMPOL Hendrik.

Selain itu, KOMPOL Hendrik juga menekankan pentingnya kerjasama dan sinergi antara Polri dengan masyarakat serta berbagai elemen lainnya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban yang kondusif. “Dengan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, kita yakin dapat mewujudkan lingkungan yang aman dan damai,” tambahnya.

Setelah arahan dari Wakapolres, upacara dilanjutkan dengan laporan komandan upacara, penghormatan pasukan, dan doa penutup. Acara resmi ditutup dengan foto bersama seluruh peserta upacara dan dilanjutkan dengan sesi ramah tamah yang penuh keakraban.

Seluruh rangkaian kegiatan Pengambilan Air Suci dalam rangka Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Sekitar pukul 16.00 WIB, air suci dari Mata Air Bah Damanik dibawa oleh personel Brimob Yon A Plopor Sat Brimob Polda Sumut menuju Kota Medan untuk digunakan dalam upacara pencucian Pataka Polda Sumatera Utara dan Panji-Panji Kepolisian.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat sekitar yang turut hadir menyaksikan prosesi upacara. Mereka berharap, dengan dilaksanakannya tradisi ini, Polri dapat terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat, serta selalu menjaga keharmonisan dan kerjasama yang baik dengan seluruh elemen masyarakat.(joe)

#Humas_Polres_Simalungun

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Kapolres Simalungun Ikuti Gerak Jalan Santai Peringatan HUT ke-62 Korem 022/Pantai Timur
OLIGARI Bertentangan dengan Cita-cita Bung Karno
Polsek Bosar Maligas Lakukan Penggeledahan Terkait Dugaan Perjudian Togel di Nagori Rawamasin
Waka Polres Simalungun dampingi Danyon A Sat Brimob Polda Sumut Laksanakan Tradisi Pengambilan Air Suci Sambut Hari Bhayangkara ke-78
Patroli Hunting System di Simalungun, Kasat Lantas Tindak Pengendara Knalpot Brong
Hunting system Kasat Lantas Polres Simalungun, IPTU Jonni Seser Lintas Timur Sumut Antisipasi Kecelakaan
Kasat Lantas Polres Simalungun IPTU Jonni Gelar Patroli Hunting System untuk Antisipasi Kecelakaan di Jalur Lintas Timur Sumut
Polsek Dolok Batu Nanggar Lakukan Penggerebekan Tempat Diduga Transaksi Narkoba di Sinaksak

Berita Terkait

Kamis, 20 Juni 2024 - 23:27 WIB

Kapolres Gayo Lues Bersama PJU serta Ibu Bhayangkari Lakukan Anjangsana dan Tali Asih ke Warakawuri Polri dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024

Rabu, 19 Juni 2024 - 16:52 WIB

Kapolres Gayo Lues Bersama PJU dan Bhayangkari Serahkan Bantuan Sosial Berupa Sembako Kepada Masyarakat dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024

Senin, 17 Juni 2024 - 17:16 WIB

Kapolres Gayo Lues Serahkan Daging Qurban Hari Raya Idul Adha 1145 H Tahun 2024 Kepada Insan Pers

Sabtu, 15 Juni 2024 - 13:02 WIB

Kapolres Gayo Lues Pimpin Upacara Sertijab PJU Polres Gayo Lues

Jumat, 14 Juni 2024 - 19:44 WIB

BNNK Gayo Lues Gelar Kegiatan Informasi Dan Edukasi Melalui Talks Show/Tatap Muka.

Sabtu, 8 Juni 2024 - 13:38 WIB

BABINSA KORAMIL 06/TRIPE JAYA BERI EDUKASI TUMBUHKAN JIWA PATRIOTISME DI SDN 2 SETUL KECAMATAN TRIPE JAYA.

Minggu, 2 Juni 2024 - 22:41 WIB

H. Idris Arlem Terima Kedatangan Tim Relawan SIKEP Di Kediamannya

Minggu, 2 Juni 2024 - 22:22 WIB

Polres Gayo Lues Gelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) Jelang Pilkada Tahun 2024

Berita Terbaru