BNNK Gayo Lues Kembali Gelar Kegiatan Fasilitasi Dan Asistensi KKAN Di Kecamatan Blangjerango

Kamal Porang

- Redaksi

Kamis, 21 September 2023 - 22:45 WIB

3075 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Gayo Lues, Teropong Utara.Com – Untuk menekan Angka peredaran Narkoba di Wilayah Kabupaten Gayo Lues, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues, tak henti – hentinya menggelar kegiatan Fasilitasi dan Asistensi Ketahanan Keluarga Anti Narkoba ( KKAN) Berbasis Pembangunan Desa, yang dilaksanakan di Sekretariat Kantor KSU SSML Desa Penosan Kecamatan Blangjerango Kabupaten Gayo Lues, Kamis (21/09/2023).

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gayo Lues, Fauzul Iman ST MSi, mengucapkan terimakasih kepada Pengulu Desa Penosan Sepakat, dan Ketua Koperasi yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut.

Dirinya juga berharap, kepada Pengulu Penosan dan Penosan Sepakat, agar merespon dan mendukung Program Desa Bersinar, melalui Kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan ini, akan meningkatkan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi Masyarakat yang berujung kepada meminimalisir Kultivasi Ganja dan Penyalahgunaan Narkoba.

Dalam hal mewujudkan Desa Bersinar Kata Fauzul Iman, perlu dilakukan Kegiatan – kegiatan yang masih di Desa ini, seperti Pemberdayaan Masyarakat, Pencegahan Dini (Tes Urine), Sosialisasi bahaya Narkoba, adanya Satgas Anti e, Pembuatan Resam Desa dan lain – lain.

“Sehingga nantinya, dalam hal, meningkatkan Sumber Daya Pembangunan Desa, Kepala Desa dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan kegiatan yang searah dengan Kopi Gayo Mountain Lauser, seperti pengelolaan Dana Desa dan BUMk Desa, yang dapat meningkatkan Perekonomian Masyarakat untuk menciptakan peluang usaha baru,” Harap Fauzul Iman.

Menanggapi harapan Kepala BNNK Gayo Lues, Pengulu Desa Penosan Muhammad Saleh mengucapkan banyak terimakasih kepada BANK Gayo Lues terutama kepada Fauzul Iman, yang selama ini sudah banyak menjalankan Program untuk mencegah Penyalahgunaan Narkoba, salah satunya melalui Program Ketahanan Keluarga berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa dan Program Kopi GDAD.

“Dan menurut kami, ini merupakan salah satu Usaha yang sangat tepat untuk mencegah Narkoba, dan Kami dari Pengulu Penosan telah menganggarkan Pelatihan bahaya Narkoba bagi Pemuda – Pemudi dan Pencegahan Dini kepada seluruh Perangkat Desa Penosan,” Terang Muhammad Saleh.

Sama halnya yang disampaikan oleh Pengulu Desa Penosan Sepakat Mahmudin, dirinya mengatakan, Pencegahan Narkoba merupakan tanggung jawab bersama, dalam hal mewujudkan Desa Bersinar, bahkan Desa Penosan Sepakat juga telah menganggarkan Dana Desa dalam hal Sosialisasi bahaya Narkoba untuk Masyarakat Desa Penosan Sepakat.

Selain itu Mahmudin, Masyarakat Penosan Sepakat saat ini sudah sadar akan bahaya Narkoba, dibuktikan dengan Program Pemberdayaan Masyarakat melalui GDAD dengan membuka lahan baru untuk penanaman Kopi sebagai pengganti Ganja. Selain itu, sebagai tumpang Sari tanaman Kopi, Masyarakat Penosan Sepakat menanam Cabe, bawang, Jagung dan tembakau, agar pertumbuhan tanaman Kopi lebih cepat dan Masyarakat dapat menanam tanaman tumpah Sari sebelum memanen tanaman Kopi dengan rentang waktu lebih kurang 3 Bulan, hal ini tentunya dapat menutupi kebutuhan Masyarakat sehari – hari.

Sehingga nantinya, dalam mewujudkan Desa Bersinar, sudah dianggarkan di Dana Desa Tahun 2023 ini, dengan kegiatan Sosialisasi bahaya Narkoba kepada Masyarakat Penosan Sepakat,” Jelas Mahmudin.

Sementara, Ketua KSU GCML Abdulrahman mengatakan, saat ini Koperasi ini sudah mampu menjual Biji Kopi sekitar 66 Ton/ Perbulan, untuk itu KSU GCML memerlukan modal sebesar Rp. 7 Milyar/Bulan. Saat ini saja, Anggota Petani di Gayo Lues yang telah terdaftar di Koperasi ini, sekitar 1007 Petani.

Hal ini tentunya perlu Komitmen bersama dengan Aparatur Desa, baik Aparatur Desa Penosan maupun Aparatur Desa Penosan Sepakat, untuk meningkatkan Sumber Daya Pembangunan Desa, karena lahan kopi yang ada di Kecamatan Blangjerango ini sangat luas.

” Saya berharap, Kedepannya jumlah lahan dan Petani bertambah terus,” Harap Abdulrahman.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala BNNK Gayo Lues juga didampingi oleh Penanggung jawab Sei P2M Muharni SE beserta Personel P2M lainnya, selain juga tampak hadir Pengulu Desa Penosan dan Pengulu Desa Penosan Sepakat, Ketua KSU GCML, Ketua Lembaga Anti Narkoba (LAN( Gayo Lues, Hamdani SE, serta Masyarakat, sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar. []

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Maju Pilkada Kabupaten Gayo Lues, Pasangan Muhammad Amru-Idris Arlem Mendaftar ke Demokrat
Warga Kampung Kendawi dan Satgas Berjibaku Cor Jalan Rabat Beton
BNNK Gayo Lues Kembali Gelar Kegiatan Life Skill Pembuatan Pupuk Organik Cair Di Desa Beranang.
Polres Gayo Lues Gelar Pengaturan dan Pengamanan di Lokasi Longsor
Dandim 0113/Gayo Lues Dampingi Kapok Ahli Bid Hukum dan Humaniter Kodam IM Tanam Pohon
Polsek Kutapanjang Gelar Patroli Malam Ajak Masyarakat Bersama Jaga Situasi Kamtibmas Jelang Pilkada 2024
Unit Kamsel Satlantas Polres Gayo Lues Gelar Saweu Sikula Sampaikan Himbauan Tertib Berlalu Lintas dan Tidak Berkendara di Bawah Umur
Satresnarkoba Polres Gayo Lues Berhasil Ungkap Kasus Penyalahgunaan Narkotika Jenis Ganja

Berita Terkait

Kamis, 16 Mei 2024 - 22:14 WIB

Ahli Waris Geruduk PT Telkom Indonesia Regional 7 Makassar Ganti Untung Tanah Milik Pakki Hadji

Kamis, 2 Mei 2024 - 22:06 WIB

Kab Takalar Sebagai Tuan Rumah Diacara MTQ, Sementara Proyek Pembangunan Masih Banyak Belum Rampung

Selasa, 16 April 2024 - 23:49 WIB

Dikomandoi AKP DR Raja Kosmos P, Jajaran Sat Reskrim Polres Rohul Dinilai Layak Dapat Reward Dari Kapolres Dan Kapolda Riau

Minggu, 10 Maret 2024 - 21:48 WIB

Viral..!!Pemkab Purwakarta Tutup Mata Terkait Rumah Warga Yang Jebol Terkenak Longsor

Minggu, 3 Maret 2024 - 03:43 WIB

Biosolar 6.800 Naik Menjadi 8000 Per Liter Di SPBU 73 92 40 3 Marina Kabupaten Bantaeng Milik Hj.Rahmat

Kamis, 29 Februari 2024 - 21:56 WIB

HJ.Rahmat Pemilik SPBU 73.924.03 Marina Melayani Konsumen Pembelian Solar Subsidi 8000/ Liter

Kamis, 29 Februari 2024 - 18:31 WIB

Bappeda Rohul Gelar Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD 2025

Kamis, 29 Februari 2024 - 18:22 WIB

Tak Merasa Aman Tinggal Di Rumah Sendiri Warga Datangi Polsek Rambah, Polri Akan Fasilitasi Pertemuan Kembali

Berita Terbaru

ACEH TENGGARA

Tim19 H.Raidin Pinim Kecamatan Bambel Dikukuhkan

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:18 WIB